Jumat, 16 Agustus 2013

Fraktur pada Leher Femur

Fraktur pada leher femur terjadi akibat kekerasan tak langsung, seperti bila seseorang melompat dan jatuh. Fraktur ini biasa pada orang tua. Fraktur pada batangnya dapat mengakibatkan penggeseran tempat dan fragmen yang satu menutupi yang lain, disebabkan kejang otot besar paha.

Patela dapat patah secara spontan karena kontraksi sangat kuat otot paha, yang mengakibatkan fraktur transversus. Fraktur-bintang terjadi kalau jatuh keras di atas lutut atau pukulan keras di atas ujung lutut.

Batang tibia dan fibula dapat patah kedua-duanya atau sendiri-sendiri. Jenis fraktur yang paling banyak terdapat di antara fraktur-fraktur fibula adallah fraktur Patt, yang terjadi di atas mata kaki tepat di tempat tulang masuk ke bagian sepertiga bawah batang; dapat bersamaan dengan dislokasi (tergelincirnya) sendi mata kaki dan juga bersamaan dengan tergesernya maleolus medial tibia. Batang fibula sering menjadi "fraktur tekanan" pada pelari jauh.

Fraktur tulang kaki sangat nyeri karena fungsi memikul berat. Salah satu dari tulang tarsal, metatarsal, dan falang dapat patah. Fraktur "March" pada sebuah metatarsal adalah sebuah "fraktur tekanan".

Hallus Valgus adalah penyimpangan ibu jari yang miring di atas jari kedua dan sering bersamaan dengan bunion atau pembengkakan kaki.

Lengkung kaki. Telapak rata disebabkan lengkung tulang-tulang menjadi lebih rata: ini bisa terjadi sebagai akibat luka pada kaki dan mata kaki, atau timbul karena gangguan keseimbangan yang terjadi karena traumatik atau perubahan sikap tubuh, seperti pada deformitas (perubahan bentuk) tulang belakang, pelvis, atau anggota bawah. Sebab lain mencakup terlampau banyak jalan kaki atau berdiri (padap pengantar pos, agen polisi, anggota tentara yang jalan kaki, perawat, dan lainnya), sesudah suatu penyakit, atau karena sebab lain yang mengakibatkan melemahnya otot.

Depresi (lekukan) pada kepala metatarsal (lengkung transversal) dapat menimbulkan kenyerian saraf jari-jari-neuroma digitalis (metatarsalgia Morton).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar